Kamis, 03 November 2011

Transformasi Komputer Grafik


Transformasi adalah perubahan bentuk. Komputer merupakan salah satu transformator yang cukup ideal. Pada grafik komputer kemungkinan untuk mengubah bentuk atau penampilan dari suatu objek sangat luas bahkan untuk mengganti objek itu sendiri secara permanan.
Transformasi diperlukan untuk mengubah ( transform ) posisi suatu objek dari tempat asal ke posisi elemen grafik, transformasi juga diperlukan untuk memutarkan posisi suatu objek pada titik pusat, mengubah ukuran objek dan menarik sebagian objek sehingga tampak terdistorsi.
Bentuk-bentuk transformasi tersebut secara umum adalah sebagai berikut :
a.             Translation ( mengeser )
b.             Strecthing ( merubah lebar )
c.              Scale ( merubah ukuran )
d.             Rotation ( memutar )

Translation ( mengeser )
Translasi suatu gambar atau objek 2D dilakukan dengan cara menambah atau mengurangi koordinat x atau y dengan sejumlah nilai tertentu sehingga objek bergeser dari suatu posisi ke posisi lain.
Sebuah objek merupakan deretan titik-titik yang membangun objek tersebut, jika dilakukan proses translasi, maka akan mengoperasikan seluruh titik tersebut dan membutuhkan proses yang komplek dan lama. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu ditentukan suatu titik tertentu dari suatu objek yang menjadi titik orientasi sehingga pergeseran dilakukan terhadap titik orientasi tersebut dan diikuti offset vektornya.

Strecthing ( merubah lebar )
Prinsip dasar strecthing sama seperti translasi hanya pada strecthing pergeseran hanya pada satu titik tertentu hingga objek bertambah besar atau bertambah kecil pada titik koordinat yang ditentukan.

Scale ( merubah ukuran )
Scale dapat diartikan sebagai suatu perubahan terhadap objek tertentu sehingga ukuran objek tersebut berubah. Perubahan besar untuk lingkaran adalah pada radius r menjadi r’ dan perubahan besar pada segi empat pada P1, P2, P3 dan P4 menjadi  P1’, P2’, P3’ dan P4’.

Rotation ( memutar )
Rotation dapat diartikan sebagai aksi pemutaran objek sebesar sudut x dari posisi awalnya pada titik rotasi  ( x ).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar