Kamis, 22 Desember 2011

Perulangan & Seleksi

1. program menghitung luas lingkaran dan luas segitiga dalam satu program shell


2. program konversi decimal ke biner


#!/bin/bash
lagi=’y’
while  [ $lagi == 'y' ] || [ $lagi == 'Y' ];
do
echo ” |Konversi Desimal to biner atau sebaliknya| “
echo “  1. Konversi Desimal ke Biner”
echo “  2. Konversi Biner ke Desimal”
echo “Pilih yang diinginkan (1/2)”
read a
case $a in
1)  echo “Konversi Desimal ke Biner”
echo “Masukkan Bilangan Desimal :”
read des
destobin=`echo “obase=2; $des”|bc`
echo “Bilangan Binernya : $destobin”;;
2)  echo “Konversi Biner ke Desimal”
echo “Masukkan Bilangan Biner :”
read bin
bintodes=`echo “ibase=2; $bin”|bc`
echo “Bilangan Desimal : $bintodes”;;
*) echo “inputan salah”;;
esac
echo -n “Ulang (y/t) :”;
read lagi
#untuk validasi input
while  [ $lagi != y ] && [ $lagi != Y ] && [ $lagi != t ] && [ $lagi !$
do
echo “Ops, isi lagi dengan (y/Y/t/Y)”;
echo -n “Ulang (y/t) :”;
done
done




Variabel Lingkungan & Program Eksternal


1.      Menampilkan daftar ps aux dengan nama user dari masing-masing komputer!

2. perintah untuk mengkonfigurasi LAN via Terminal!

3. perintah login untuk masuk kesebuah file!




 

Kamis, 08 Desember 2011

Variabel & Karakter "Escape" pada Shell Bash

Untuk menampilakan  data pada direktori aktif
- masuk ke editor nano
- ketik seperti gambar dibawah ini
- simpan dengan nama latihan.sh
- untuk menjalankan ketik 
   chmod 777 latihan .sh (ini digunakan untuk hak akses)
  ./latihan.sh


Untuk membuat program keliling lingkaran 
- masuk ke editor nano
- ketik seperti gambar dibawah ini
- simpan dengan nama keliling.sh
- untuk menjalankan ketik 
   chmod 777 keliling.sh (ini digunakan untuk hak akses)
  ./keliling.sh


Untuk menghapus sebuah file direktori
- masuk ke editor nano
- ketik echo `rm /home/nama direktori anda/namafile.sh`
- simpan dengan nama del.sh
- untuk menjalankan ketik
   chmod 777 del.sh (ini digunakan untuk hak akses)
  ./del.sh

Morphing Objek 2D

Morphing adalah efek dimana suatu objek berubah secara perlahan menjadi objek lain. Suatu animasi yang dibuat dengan menggunakan teknik fitur morphing menerima masukan dua buah gambar. Gambar pertama disebut sebagai gambar awal, gambar kedua disebut sebagai gambar akhir.


Dengan bantuan Program sqirlz morph kita dapat melakukan Mophing pada sebuah gambar 


Pertama kita harus menentukan gambar terlebih dahulu yang akan dijadikan gambar awal dan gambar akhir. Gambar pertama yang di buka akan menjadi gambar awal dan gambar kedua yang dibuka akan menjadi gambar akhir.






Untuk melihat hasil morphing, jalankan program tersebut atau anda bisa langsung menyimpannya dalam format .gif, .avi, ataupun .jpg



Kamis, 01 Desember 2011

PRAKTIKUM SO


Lakukan percobaan pada shell interaktif, dengan perintah sebagai berikut:
1.      Buat sebuah skrip sederhana untuk menampilkan daftar file yang ada di dalam direktori aktif?
2.      Jelaskan tentang CHMOD 777?
3.      Buat tutorial instalasi Linux?
4.      Bagaimana cara install aplikasi melalui terminal?

JAWABAN:
  1. masuk terminal:
(ketik) nano (enter)

# !bin/sh
echo `pwd`

(ctrl+x) save dengan nama ls.sh

Menjalankan: chmod 777
                        ./ls.sh

2.  CHMOD 777 adalah perintah untuk memberi ijin/hak akses untuk mengeksekusi program

3.         1. Masukkan CD instalasi, booting dari CD lalu pilih install ubuntu
           

            2. Pilih bahasa instalasi, lalu Forward
           

            3. Pilih lokasi Anda saat ini. Klik Forward
           

            4. Pada pengaturan keyboard langaung saja forward
           


            5. Berikutnya adalah pengaturan partisi untuk ubuntu. Jika Anda ingin menghapus sistem operasi yang ada, atau harddisk sudah kosong dan Anda ingin membiarkan installer secara otomatis mempartisi harddisk, pilih pilihan kedua, “Use the entire disk” (dianjurkan untuk yang tidak memiliki OS lain)
           

            6. Pilihan ketiga adalah “Use the largest continuous free space” dan itu akan menginstal Ubuntu 9.10 di unpartitioned ruang pada harddrive yang dipilih. Pilihan keempat adalah “Specify partitions manually” dan dianjurkan HANYA untuk pengguna tingkat lanjut, untuk menciptakan partisi khusus atau memformat harddisk dengan filesystem lain daripada default. Tetapi juga dapat digunakan untuk menciptakan / home partisi, yang sangat berguna dalam kasus menginstal ulang seluruh sistem. Pastikan bahwa hard drive yang Anda pilih yang benar. / dev / sda adalah physical harddrive pertama. /dev/sdb adalah harddrive kedua pada mesin Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda tahu mana yang ingin Anda format! Jika tidak, Anda bakal kehilangan SEMUA DATA pada hard drive.• Taruh kursor pada baris “free space” dan pilih tombol “Add”.Pada jendela baru, pilih “Primary”, ketik nilai antara 30.000 dan 50.000 (atau apa pun ruang yang tersisa) dalam kotak “New partition size in megabytes” dan pilih /home sebagai “Mount point.”. Klik tombol OK dan dalam beberapa detik, Anda akan melihat sebuah “ext4 / home” sesuai dengan ukuran yang ditetapkan.
           

            7. Isi data diri kamu, username, dan password sebelum proses Instalasi dijalankan
     

            8. Klik “Instal” untuk memulai proses instalasi
           
           
            9. Tunggu proses instalasi sampai selesai
           

            10. Instalasi Selesai kira – kira 10-20 menit dan akan muncul seperti ini
           

4. Cara instal aplikasi di Linux Ubuntu gunakan perintah sudo apt-get install <nama plikasi>


      














Kamis, 03 November 2011

Transformasi Komputer Grafik


Transformasi adalah perubahan bentuk. Komputer merupakan salah satu transformator yang cukup ideal. Pada grafik komputer kemungkinan untuk mengubah bentuk atau penampilan dari suatu objek sangat luas bahkan untuk mengganti objek itu sendiri secara permanan.
Transformasi diperlukan untuk mengubah ( transform ) posisi suatu objek dari tempat asal ke posisi elemen grafik, transformasi juga diperlukan untuk memutarkan posisi suatu objek pada titik pusat, mengubah ukuran objek dan menarik sebagian objek sehingga tampak terdistorsi.
Bentuk-bentuk transformasi tersebut secara umum adalah sebagai berikut :
a.             Translation ( mengeser )
b.             Strecthing ( merubah lebar )
c.              Scale ( merubah ukuran )
d.             Rotation ( memutar )

Translation ( mengeser )
Translasi suatu gambar atau objek 2D dilakukan dengan cara menambah atau mengurangi koordinat x atau y dengan sejumlah nilai tertentu sehingga objek bergeser dari suatu posisi ke posisi lain.
Sebuah objek merupakan deretan titik-titik yang membangun objek tersebut, jika dilakukan proses translasi, maka akan mengoperasikan seluruh titik tersebut dan membutuhkan proses yang komplek dan lama. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu ditentukan suatu titik tertentu dari suatu objek yang menjadi titik orientasi sehingga pergeseran dilakukan terhadap titik orientasi tersebut dan diikuti offset vektornya.

Strecthing ( merubah lebar )
Prinsip dasar strecthing sama seperti translasi hanya pada strecthing pergeseran hanya pada satu titik tertentu hingga objek bertambah besar atau bertambah kecil pada titik koordinat yang ditentukan.

Scale ( merubah ukuran )
Scale dapat diartikan sebagai suatu perubahan terhadap objek tertentu sehingga ukuran objek tersebut berubah. Perubahan besar untuk lingkaran adalah pada radius r menjadi r’ dan perubahan besar pada segi empat pada P1, P2, P3 dan P4 menjadi  P1’, P2’, P3’ dan P4’.

Rotation ( memutar )
Rotation dapat diartikan sebagai aksi pemutaran objek sebesar sudut x dari posisi awalnya pada titik rotasi  ( x ).